cara budidaya udang vaname

 

zasminmedia.com-cara budidaya udang vaname
Langkah langkah budidaya udang vaname
cara membudi daya udang vanami, ada berbagai cara, dan metode, mari kita mulai penjelasan untuk membudi daya udang vanami terutama pada metode pembesaran, umumya petani tambak menggunakan tambak tradisonal, maupun tambak beton.
kebayakan petani tambak mengunakan tambak tradisonal.
yang di butuhkan untuk membudidaya udang vanamai terutama iyalah lahan tambak, lahan tambak dan lokasinya.
lokasi tambak ituh sendiri berpengaruh besar berhasilnya suatu budidaya, dikarenakan lokasih yang tepat untuk budi daya udang vanami tidalah mudah, bayak faktor yang harus di pertimbangkan, harus tau kondisi air di lokasi tambak yang akan di gunakan.
karena sangatpenting mengetaui kondisi air, karena air juga sangat penting dan bagia terpenting membudidaya udang.
memilih bibit atau benih udang yang akan di budidaya, harus pintar memilih bibi yang sehat dan bagus.
harus belajar memhami obat obat vitamin dan pakan udang,bayaj bermacam pakan udang berbeda merek, kita harus memilih yang bagus.

Budidaya udang vaname menggunakan air apa
budidaya udang vanami bisa menggunakan air tawar dan air asin, bagay mana kita mengawalinya.
ada beberapa pembudidaya udang vanami menggunakan air tawar, cara awal budidaya udang vanami menggunakan air tawar haru menggunakn bibit atau benih udang vanami yang bersumber dari pembenian air tawar, jika kita salah memilih bibit atau benih, akan berdampak buruk, misal kalo kita punya kolam tambak yang berisi air tawar terus kita membeli bibit atau benih udang vanami asal pembenihan air asin maka waktu pelepasan benih ke kolam kita maka akan terjadi setres pada udang dikarenakan air yang berbeda.

Berapa modal untuk budidaya udang vaname
brapa modal untuk budidaya udang vanami, modal untuk budidaya ngga ter batas tergantu bagay mana kita memulainya kalo kita memulai dari tambak sekala kecil, masti modalnya kecil  dan sebaliknya kalo kita memulay langsung sekala besar tentu kita membutuhkan modal yang besar pula.

persiapan tambak udang vanami
Persiapan tambak adalah salah satu rantai pengoprasian tambak, sebelum melakukan penebaran benur terlebih dahulu lahan dipersiapkan, persiapan tambak yang layak merupakan awal untuk budidaya udang vaname. Persiapan tambak meliputi konstruksi tambak, sarana dan prasarana. Tujuan dari persiapan tambak adalah untuk menyediakan tempat atau media benur sehingga tumbuh dengan baik bahwa kegiatan persiapan tambak pada tambak plastik meliputi antara lain : pembersihan tambak, pengeringan, perbaikan tambak, pemasangan sarana dan prasarana tambak selanjutnya dilakukan pengisian air.
Pembersihan tambak yaitu dibersihkan dari segala kotoran yang tidak dimanfaatkan oleh tambak atau kotoran tersebut yang dapat menyebabkan terganggunya kehidupan udang selama pemeliharaan . Pengeringan pada tambak plastik untuk membunuh tritip yang melekat pada dinding dan dasar tambak serta mengoksidasi bahan organik sedangkan pengeringan pada tambak dasar tanah dilakukan sampai tanah dasar retak-retak
Sebelum tambak diisi air sarana pendukung tambak seperti saringan, outlet/inlet, pemberat kincir, stik level, hurus diadakan pengecekan dan dipasang terlebih dahulu, selanjutnya pengisian air hingga mencapai ketinggian 30-50 cm




Comments