cara memancing ikan belanak



Cara mancing ikan belanak pakai botol

Kita mencari botol plastik dan memotongnya di bagian belakang/bawah, kemudian pada bagian samping botol (nantinya untuk bagian atas) dilubang-lubang.

Pada bagian separuh botol yang berlubang-lubang diletakkan styrofoam atau gabus sandal bekas dengan ukuran secukupnya (lihat gambar) sebagai pelampung botol.

Pada bagian bawah diberi pemberat dengan tujuan agar posisi botol mendatar dan di bagian berlawanan adalah line senar, yang di bagian itu diberi pelampung agar posisi senar tidak menutupi lubang botol.

Lubang-lubang kecil disarankan tidak terlau banyak. Cukup di bagian bawah pelampung besar dengan jarak sekitar 1 – 3 cm untuk lubang kanan dan kiri. Di belakang diberi lubang 2 titik saja dan pada bagian dekat dengan tutup botol tidak diberi lubang. Jika lubang kebanayakan atau kegedean, umpan akan mudah dicuri-serobot oleh belanak dari arah samping.

Umpan untuk menarik minat belanak untuk masuk botol bisa digunakan adonan tepung terigu yang kita masukkan melalui bagian tutup botol. Sebelumnya, botol dikasih air sedikit dan kira-kira 3 cm dari tutup botol diletakkan adonan tepung sekitar 1 sendok. Untuk umpan ada juga disarankan menggunakan dua tepung, yakni dari beras bukan tepung terigu karena lebih menggumpal. Meski demikian Om Ukawa mengaku dia banyak menggunakan umpan full terigu meski sering cepat habis karena tekstur terigu lebih kasar jadi lebih gampang tumpah.

Ketika belanak masuk dari arah lubang besar ke arah umpan, "seblak saja," begitu kata Om Ukawa Punishersx. STRIKE!!!

Intinya, ini adalah membuat jebakan ikan belanak namun digunakan reel dan joran sebagaimana layaknya mancing pada umumnya. Untuk joran, disarankan menggunakan joran yang rada kaku alias midle agar botol berisi ikan mudah segera diangkat setelah strike. Menurut Om Ukawa Punishersx, mancing belanak paling afdol adalah pada pagi dan sore hari karena pada siang hari belanak lebih banyak berlarian ketimbang tertarik mencari pakan.
Cara Mancing Belanak menggunakan umpan roti

Ikan belanak adalah ikan laut tropis dan subtropis yang bentuknya hampir menyerupai bandeng. Belanak termasuk ikan pelagis yang bisa di temui di air asin atau air payau mendekati tawar. Cara mancing ikan ini terkenal cukup sulit namun ada beberapa teknik mancing belanak yang belakangan ini begitu poppuler, seperti mancing belanak menggunakan botol yang menjadi trend di wilayah cilacap atau mancing belanak menggunakan umpan roti.

Mancing belanak menggunakan umpan roti merupakan cara mancing yang khas yang biasa di lakukan oleh pemancing pemancing Saudi Arabia ketika memasuki musim panas yang mencapai 38 hingga 40 derajat celcius, ketika musim ini tiba hampir bisa di temui di sepanjang garis pantai di jalan Masjid Hani Rifai andalus Jedah atau dikenal dengan sebutan Toriq Malik banyak berjejer para pemancing belanak yang diantaranya terdapat sobat mancing dari Insane Fishing Club Saudi Arabia yang beberapa waktu lalu terbentuk.

Teknik mancing belanak di lakukan dari pinggir pantai di mana pada saat kondisi air mendekati pasang hingga saat mendekati surut, mulai jam 8 pagi hingga jam 11 siang. Akan tetapi jika kondisi air surut terendah ikan belanak akan sangat sulit di temui di pinggir pantai atau muara.
Mancing Belanak menggunakan umpan roti

Peralatan mancingnya menggunakan joran tegek atau joran antena dengan panjang mulai dari 3.5 meter hingga 4.5 meter tergantung kenyamanan masing masing. Menggunakan rangkaian mata kail yang cukup banyak antara 10 hingga 12 mata kail dengan di beri pemberat di bawahnya dan di atasnya di beri pelampung agar umpan tidak tenggelam dan mudah di identifikasi ketika umpan mulai di sambar ikan belanak.

Cara memasang umpan roti pada mata kail ada dua macam yang biasa menjadi sebutan pemancing di Saudi yaitu :

- Samulin yaitu rangkaian mata kail yang terdiri dari beberapa mata kail di lilitkan ke roti

Mancing Belanak menggunakan umpan roti

Teknik memasang kail yang dililitkan ke roti tanpa menggunakan pelampung

- Es sami yaitu umpan roti di kaitkan pada mata kail satu persatu.

Selain menggunakan umpan roti, cara mancing belanak juga bisa menggunkan teknik garong menggunakan kail yang cukup banyak.

Cara mancing belanak kita mencari lokasi di pinggir pantai atau dekat muara yang sekiranya terlihat ikan belanak berenang di atas permukaan air dengan ciri ciri air beriak dan terlihat pergerakan ikan belanak, kita bisa menempat kan umpan yang sudah terpasang pada mata kail di depan dari arah ikan ikan belanak berenang, tunggu beberapa saat hingga terlihat ikan belanak mulai mengerumini umpan kita, ketika terlihat pelampung mulai bergerak ke kanan atau kekiri artinya ikan sudah memangsa umpan kita, segera sentak joran biasanya beberapa belanak sudah tersangkut pada mata kail, atau bisa juga menggunakan sistim garong dimana kail tanpa umpan kita tempatkan di posisi dimana ikan ikan belanak berada di permukaan air, kemudian kita sentak pada saat yang tepat.

Tidak ada salahnya jika teknik mancing dari tempat lain kita aplikasikan di daerah kita, karena adanya hal hal baru akan semakin memperkaya wawasan kita, dan semakin menambah seni dari mancing itu sendiri.
Cara unik mancing ikan belanak dan umpan ikan belanak

Langsung saja kita mulai cara membuat umpan ikan belanak. Nah Caranya membuat umpan ikan belanak tergolong sangat mudah, hampir semua bahan tersedia di rumah anda. Inilah beberapa bahan dan cara membuat umpan untuk ikan belanak:

Umpan Ikan Belanak pertama

Bahan-bahannya ialah:

¼ kg tepung terigu

Garam 5 sdm

1 butir telur ayam

Margarin 2 sdm

Essence aroma udang

Air hangat secukupnya ( untuk campuran sampai dirasa umpan kalis dan pas )

Cara membuat umpan :

Masak margarin sampai meleleh

Larutkan garam dan esen dengan ¼ air

Masukkan telur, essen dan larutan garam pada tepung terigu sedikit demi sedikit sambil anda aduk-aduk hingga adonan tercampur rata

Kukus racikan umpan tersebut

Setelah dirasa matang, tekan-tekan umpan hingga semua hancur merata

Umpan siap dipakai untuk memancing ikan belanak.

*ukuran diatas bisa menghasilkan lebih dari 1/2 kg umpan.

Umpan Ikan Belanak kedua

Sediakan bahan-bahan sebagai berikut:

1 ½ kg tepung terigu

¼ minyak goreng

Mentega secukupnya

1 sendok makan garam

3 sendok makan gula pasir

1 sachet susu kental putih

Air putih 2 gelas

Caranya membuat umpan ikan belanak kedua:

Campurkan semua bahan yang ada diatas, lalu aduk hingga pulen. Kalau sudah pulen kemudian dikukus selama 30-45 menit. Setelah terlihat matang, selanjutnya aduklah hingga semua bahan hancur dan tercampur rata.

Umpan Ikan Belanak Ketiga

Cara yang satu ini sangat praktis , mudah dan simpel. Bagi anda yang tidak punya waktu banyak untuk membuat umpan ikan belanak, anda cukup menggunakan roti tawar atau sejenis roti sobek. Potong roti tersebut menjadi bagian – bagian kecil kaitkan roti tersebut pada mata kail pancing anda, dan Umpan sudah siap untuk digunakan.

Umpan Ikan belanak ke Empat

Gunakanlah Lumut , Bagi yang tidak mau kesulitan meracik umpan yang dirasa cukup lama dan ribet,anda bisa menggunakan umpan alami berupa lumut yang merupakan makanan alamiah dari ikan belanak sendiri. cara memancing ikan nila dengan umpan lumut Carilah lumut yang masih segar biasanya masih berwarna hijau, jangan memakai lumut yang sudah tua yang biasanya berwarna coklat. Agar lumut lebih tahan lama tambahkanlah sedikit garam.

Catatan : Perlu diingat ketika anda memancing ikan belanak, usahakan tidak merokok terlebih dahulu pada saat membuat umpan tersebut dan tidak makan jengkol atau pete sebelumnya. Hal ini karena ikan belanak merupakan jenis ikan yang sangat sensitif dalam memilih bau dan aroma umpan. Nah kalau bisa hindarilah kedua hal tersebut supaya umpan tidak tercampur dengan bau rokok atau jengkol dan pete.
Trik unik cara mancing ikan belanak dengan perangkap botol ala Ukawa

Wow, Unik benar ini cara mancing ikan belanak yang satu ini. Anda tidak perlu menggunakan mata hook atau kail, tetapi cukup dengan menggunakan botol plastik bekas kemasan larutan penyegar atau bisa juga dengan botol plastik minuman yan lain. Cara mancing ini di Malaysia konon sudah lama digunakan, tetapi relatif masih baru di Indonesia, karena belum banyak yang tahu, sebelum caranya dibagikan ke anggota grup mancing maniak di facebook oleh Om Ukawa Punishersx yang berasal dari Subang Jawa Barat.
Cara membuat perangkap ikan belanak dengan botol :

Carilah botol bekas larutan penyegar atau atau botol plastik ( yang bentuknya hampir sama ) kemudian potonglah di bagian bawah/belakang, kemudian pada bagian samping plastik botol penyegar kita buat lubang-lubang kecil.

Pada bagian tengah botol yang berlubang-lubang diletakkan sterofoam atau gabus atau bisa juga menggunakan sandal bekas dengan ukuran secukupnya (lihat gambar diatas) yang nantinya berfungsi sebagai pelampung botol itu sendiri.

Pada bagian bawah ( yang besar dan bekas dipotong) diberi timah pemberat dengan maksud agar posisi botol vertikal atau mendatar dan di bagian berlawanan dengan line senar, yang di bagian itu diberi pelampung supaya posisi senar tidak menutupi lubang botol.

cara membuat perangkap ikan

timah pemberat untuk perangkap

Lubang-lubang samping pada botol usahakan kecil saja disarankan tidak terlau besar dan banyak. Cukup di bagian bawah dari pelampung besar dengan jarak sekitar 1 – 3 cm untuk lubang kiri dan kanan. Di bagian belakang diberi lubang dua titik saja dan pada bagian dekat dengan tutup botol tidak usah diberi lubang.Karena jikalau lubang terlalu besar atau kebanyakan, dikhawatirkan umpan akan mudah dimakan oleh ikan belanak dari arah lobang samping.

cara membuat jebakan ikan

Terlalu banyaklubang menyebabkan belanak makan umpan dari samping

Umpan untuk pancingan atau bom ikan belanak untuk masuk botol bisa digunakan adonan tepung terigu yang kita masukkan melalui bagian dari tutup botol. Sebelumnya, botol dikasih air sedikit dan kira-kira 3 cm dari tutup botol ditaruh umpan adonan tepung sekitar 1-2 sendok. Untuk umpan penarik kami sarankan menggunakan tepung dari beras bukan tepung dari terigu karena akan lebih menggumpal. Meskipun demikian Agan Ukawa mengaku dia banyak menggunakan umpan full terigu meski sering cepat pecah dan hancur, habis karena tekstur terigu lebih kasar dan berakibat gampang tumpah.

Sedikit tambahan untuk pemilihan joran, disarankan menggunakan joran yang agak kaku alias menengah atau midle dimaksudkan agar botol berisi ikan akan mudah segera diangkat setelah ikan terperangkap.
Mancing Ikan Belanak Pakai Botol Plastik?? BEGINI CARANYA!!!

Ikan Belanak kadang di buat untuk umpan ikan predator di daerah tambak atau muara dekat laut dengan target ikan kakap putih dan lainnya . Ikan belanak pun sering bergerombol dengan teman – temannya yang lain nah untuk mancing nya pun sangat unik dan mudah, biaya untuk peralatan mancing belanak dengan menggunakan botol plastik sangat murah juga. Ternyata di surabaya dan sekitarnya sudah banyak yang menggunakan teknik ini,kami pun sering menjumpai di daerah Romokalisari , Bosem Wonorejo, Keputih, Medokan, Tambak Oso, Tambak Cemandi Kalang Anyar.

Cara Mancing Ikan Belanak Menggunakan Botol Plastik

Intinya mancing ikan belanak memakai botol plastik dilakukan dengan menjadikan botol tersebut sebagai perangkap. Dan dalam botol plastik tersebut harus ada umpannya, untuk umpan biasahnya memakai tepung terigu, untuk menyetel botol plastik tersebut biasanya menggunakan pelampung diatas botol dan pemberat di bawah botol, agar botol tersebut lurus horisontal, itupun sesuai selera pemancing

Apabila ikan belanak melihat umpan yang terdapat di dalam botol tadi, ikan tersebut akan memasuki botol dan memakannya. Kadang yang masuk kedalam perangkap botol plastik ada yang isi 2 atau 3 ekor, ada juga 1 ekor itupun sesuai ukuran ikannya. karena ukuran lebar botol yang sempit ia tidak bisa membalikkan badan untuk kabur. Nah kita tahu bahwa tidak ada ikan belanak yang bisa berenang mundur hehehe… Nah, tugas kita tinggal mengangkat botol plastik yang sudah kemasukan ikan belanak tersebut. Mudah sekali kan…

Berikut alat dan bahan cara membuat perangkap ikan belanak dari botol plastik.

Alat dan Bahan :

Botol plastik bekas air mineral atau larutan penyegar

Cutter atau pisau

Paku

Senar tali pancing

Sterofoam atau gabus , spon bekas sandal

Pemberat timah

Tepung terigu sebagai umpan

Jangan lupa air

Joran
Mancing Ikan Belanak dengan Botol

Cara Membuat Perangkap Botol Plastik untuk Mancing Ikan Belanak:

Carilah botol plastik usahakan menggunakan botol larutan penyegar karena memiliki tubuh yang ramping dan panjang. Potong seluruh bagian belakang/bawah botol plastik. Bagian ini nantinya akan menjadi lubang masuk perangkap.

Lubangi 4 ( empat ) titik di bagian ujung bawah botol. Lalu pasang senar tali pancing ke dalam lubang tersebut dan hubungkan. Agar untuk mempermudah kita dalam menarik dan mengangkat perangkap botol.

Pasang pelampung dari sterofoam / gabus atau potongan spon bekas sandal di salah satu sisi samping botol. Kemudian pasang juga pemberat di sisi samping yang berlawanan,usahakan seimbang pelampung dan pemberatnya agar perangkap botol tersebut bisa horisontal.

Buatlah lubang-lubang kecil di botol tersebut,agar saat mengangkat botol tersebut lebih ringan,disarankan tidak terlau banyak lubang. Cukup di bagian bawah pelampung dengan jarak sekitar 1 – 3 cm untuk lubang kanan dan kiri. Di belakang diberi lubang 2 titik saja dan pada bagian dekat dengan tutup botol tidak diberi lubang. Jika lubang kebanayakan atau kegedean, umpan akan mudah dicuri-serobot oleh belanak dari arah samping

Untuk umpan mancing ikan belanak, Anda bisa memanfaatkan tepung terigu tanpa campuran apapun. Umpan tepung terigu dimasukkan ke dalam botol sesaat ketika perangkap akan dilemparkan ke area pemancingan.

Urutan Mancing dengan botol Ikan Belanak:

Ambil 1 sendok makan tepung terigu lalu masukan ke dalam botol perangkap, lalu tambahkan air sedikit . Aduk supaya adonan umpan ini tercampur rata, kira – kira jug jangan sampai kebanyakan airnya

Lemparkan perangkap botol plastik ini di titik-titik area pemancingan yang sekiranya terdapat ikan belanak yang berkumpul.Berhati – hatilah saat melemparnya jangan sampai umpan di dalamnya terlalu banyak menyebar keluar.

Perhatikan joran yang terhubung ke botol plastik terasa bergetar, tandanya ada ikan yang terjebak di dalamnya. Segera saja angkat joran keatas dan ambil ikan belanak yang terperangkap di dalam botol plastik tersebut.


Comments