ikan kiper beracun

 Ikan kiper. ini banyak terdapat di daerah dermaga/pelabuhan, rumpon, atau area berbatu di pinggir laut. memancing ikan ini sangatlah mudah bisa menggunakan pancing garong dengan joran tegek. Atau dengan menggunakan pancing biasa dengan ukuran yang kecil, karena mulut ikan ini sangat kecil. Untuk rasa ikan Kiper ini sangatlah lezat, tidak kalah dengan ikan-ikan laut lainnya akan tetapi kulitnya agak tebal. Hal yang perlu diwaspadai adalah duri di bagian atas dan bawah ikan ini mengandung racun, namun tidak mematikan akan tetapi rasa sakit yang dirasakan tentu sangat luar biasa bisa sampai 1 jam bahkan lebih.

Ikan baronang dan ikan kiper sebenarnya adalah jenis ikan herbivora yang makanan utamanya adalah lumut, rumput laut dan tanaman-tanaman laut lainnya. Tapi dalam kenyataannya ikan tersebut sebenarnya bukanlah ikan herbivora melainkan ikan omnivor. Ikan kiper yang masih kecil cenderung bersifat omnivora sedangkan yang besar lebih bersifat herbivora. Itulah kenapa kita lebih lebih sering mendapat ikan kiper dengan ukuran yang relatif kecil jika menggunakan umpan uadang kupas.
Secara sekilas ikan baronang terlihat serupa dengan ikan mujair. Ikan ini merupakan ikan dengan daya juang yang tinggi dengan cara makan yang baik pula. Rabbitfish atau baronang memiliki duri yang beracun/berbisa pada sirip punggung (dorsal fin), sirip panggul (pelvic fin), dan sirip duburnya (anal fin). Jadi berhati hatilah terhadap semua wilayah duri yang sudah disebutkan di atas. Racun dari duri – duri ini tidak terlalu berbahaya seperti halnya ikan Lepu atau ikan buntal. Pada umumnya duri tersebut telah dibuang terlebih dahulu bila ingin dijadikan santapan. Ikan ini cukup nikmat dengan cara hidang dibakar dengan campuran bumbu saja.

Comments