Ikan batu (Synanceia verrucosa)

Nelayantradisonal.blogspot.com
Ikan batu (Synanceia verrucosa)




Ikan. lepu batu karang hidup di perairan hangat wilayah Hindia & Pasifik di mana mereka rata-rata berukuran 30 cm lebih. Perairan yang dipilih umumnya adalah perairan berkarang atau yang dipenuhi tumbuhan ganggang kecil. Kondisi lingkungan pada perairan tersebut membantu ikan lepu batu menyamar sehingga sulit dilihat oleh makhluk air di sekitarnya. Selain di perairan berkarang & berbatu-batu, ikan lepu batu juga bisa ditemukan di wilayah berpasir atau berlumpur.

ikan lepu berkamuflase utk berburu! Saat brkamuflase, ikan ini tidak bergerak sama sekali, hanya ssekali menggerakkan matanya. Ketika ada ikan/udang kecil mangsanya yang mendekat, ikan itu akan tetap diam sambil mmperhatikan calon mangsanya tersebut dgn seksama. Beitu calon mangsanya itu sudah berada dalam jangkauannya, ikan trsbt tiba2 mencaplok mngsanya dgn kecepatan hanya sepersekian detik.

Ikan Lepu Batu dianggap sebagai jenis Lepu yang paling beracun dan berbahaya bagi manusia. Ikan ini hidup di perairan dangkal, bebatuan dan terumbu karang yang dangkal.
Ikan lepu batu karang memiliki racun yang sangat kuat & ia bahkan disebut-sebut sebagai ikan paling beracun di lautan! Ikan lepu batu tidak akan bergerak & hanya menggerakkan duri-duri penggungnya yang sangat beracun saat merasa terancam. Bagi penyelam yg terkena ikan lepu, maka penyelam tersbut merasa kakinya seperti tertusuk & terbakar saat menginjak ikan tersebut!

Pertolongan pertama yg harus diberikan jika terkena ikan lepu adalah segera mengeluarknnya keluar air, merendam bagian yg sakit dengan air panas. Racun dari ikan lepu batu terbuat dari protein & karena protein bisa diuraikan komponennya (di-denaturasi) dengan suhu tinggi.Air yg diberikan juga tidak boleh berupa air yg masih mendidih karena justru bisa melukai kulit & mnyebabkan lukanya bertambah parah. Ikan ini sangat berbahaya.

Comments