ikan laosan,kuro,lanjan


ikan laosan kuro lanjan- Ikan kuro yang juga di kenal dengan nama ikan senangin, ikan baleng, ikan surung dan ikan laosan merupakan ikan yang berhabitat di pantai beran pasir. Ikan kuro hidup tak jauh dari garis pantai, mungkin maksimal hanya 10 mil dari garis pantai.


Casting ikan Kuro bahwasanya gampang gampang susah. Walau ikan kuro termasuk ikan perenang yang cepat tetapi ikan kuro memiliki abjad yang berbeda dari ikan predator lainya menyerupai giant travelly dan tenggiri. Terus apa bedanya?


sebelum membahas perbedaan utamanya mari kita bahas abjad ikan kuro terlebih dahulu. Ada dua jenis ikan kuro. Kalau di wilayah Jogja dan jateng kedua jenis tersebut di kenal dengan nama ikan baleng dan ikan surung. Ikan surung biasanya berada di tepi pantai, kalau ada bebatuan di sekitarnya misalnya kerikil pemecah ombak, ikan surung akan mencari makan di tepi batuan tersebut. Ikan surung memiliki badan yang lebih gemuk dan pendek di banding ikan baleng.

Sedangkan ikan baleng memiliki badan yang cenderung lebih panjang di banding ikan surung. Ikan baleng berbeda dengan ikan surung, ikan baleng cenderung berada agak jauh dari tepi pantai. Ada juga yang bilang jikalau ikang baleng merupakan ikan surung jantan. Tapi aku belum menemukan rujukan wacana hal tersebut, jikalau anda mempunyai rujukan silahkan di tambahkan pada kolom komentar.

Agar lebih mudah mari sebut saja ikan surung dan ikan baleng tadi dengan ikan kuro. Perbedaan tips casting kedua ikan tersebut hanya pada lokasi melempar lure. Jika ikan baleng di lempar jauh ke tengah, casting ikan surung menyerupai casting ikan mangrove jack, yakni menyusuri pinggir kerikil atau tepi pantai.


Ikan kuro merupakan ikan predator dan perenang yang cepat, dan ada satu abjad ikan kuro yang menjengkelkan, yakni ikan kuro jarang sempurna sasaran dalam menyambar lure atau umpan tiruan. Bahkan terkadang lure terlempar kepermukaan air alasannya ialah hanya tertabrak ikan kuro. Menyebalkan bukan. Hehe

Untuk itu ada tips dan trik khusus dalam memancing ikan kuro. Jika menggunakan popper, gunakan popper dengan ukuran tidak terlalu besar akan tetapi cukup berat. Pastikan mata kail yang terpasang benar benar tajam. Ikan kuro menyukai lure baik minnow maupun popper dengan warna mengkilat atau bling bling yang memantulkan sinar matahari


Anda dapat menggunakan softlure untuk mancing ikan kuro. Softlure buatan dari karet pentil sudah sangat killer untuk mancing ikan kuro berukuran di bawah satu kilogram. Gunakan mata kail yang berukuran besar, yakni mata kail dengan ukuran 9 atau 10. Jika mata kail terlalu kecil makan akan sulit menancap pada verbal ikan kuro dan sangat mudah sekali bagi ikan kuro untuk melepasakan diri atau mocel.





Selanjutnya dalam meretrieve umpan tiruan atau lure juga berbeda dengan retrieve ketika casting ikan tengiri atau giant travelly. Ketika casting ikan kuro cukup retrieve umpan sepelan mungkin. Maka dari itu cari atau pilih lure yang sudah dapat bergoyang atau mengeluarkan actionya meskipun diretrieve pelan.

Dan jangan setel drag terlalu kuat. jikalau ikan kuro membawa lari umpan biarkan saja dulu jangan pribadi mengencangkan drag reel anda. Gulung reel anda pelan tapi pasti dan jangan hingga senar kendor. Jika senar hingga kendor ikan kuro dapat melepaskan diri dengan mudah. Akan tetapi jikalau anda terlalu kencang dalam menarik, ikan surung juga akan mudah lepas jikalau hook menancap di bab samping dan bawah verbal ikan kuru. Bagian samping dan bawah ikan kuro sangat mudah robek.


Ciri spot yang disukai ikan kuro ialah perairan yang berbusa. Makara jikalau ombak pantai terlihat rapat dan berbusa, kemungkinan besar di pantai tersebut banyak ikan kuro.


Waktu yang sempurna untuk mancing ikan kuro dengan teknik casting ialah pada ketika ekspresi dominan penghujan. Tak jarang ikan kur masuk ke daerah muara sungai meskipun air sedang keruh. Pada umumnya ikan kuro akan sangat galak atau agressive pada ketika matahari terbit dan ketika matahari terbenam. Ketika siang hari ikan kuro susah untuk di casting kecuali jikalau langit sedang mendung.

Comments